AGROFORESTRI

 

Kegiatan bimbingan teknis Dari Petugas Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Pacitan,bersama Petugas Bimbingan teknis BPDAS HL Sol di KTH Bumi Tunggal Lestari Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Kab.Ponorogo

Seperti yang pernah kami sampaikan sebelumnya, kegiatan Agroforestri yang dilakukan oleh KTH Bumi Tunggal Lestari desa Tugurejo Kecamatan Slahung sangat bermanfaat dan sangat cocok diterapkan di Wilayah binaan Kecamatan Slahung khususnya dan Kabupaten Ponorogo pada umumnya.


Kegiatan Agroforestri di KTH Bumi Tunggal Lestari desa Tugurejo sampai saat ini sudah memasuki tahun ke tiga,dengan pertumbuhan pertumbuhan tanaman produktif Durian,Apokat dan Nangka yang sangat menggembirakan,serta tanaman kayu-kayuan yaitu sengon laut juga sangat baik pertumbuhannya.Untuk tanaman semusim para petani anggota KTH dan yang lainnya sudah mulai untuk menanam lagi. Dari hasil panen pada tahun pertama kini mulai dikembangkan lagi untuk di kembangkan di wilayah lahannya masing-masing.

 Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Pacitan Wilayah Kerja Kabupaten Ponorogo menyambut  antosias sekali dan partisipasi masyarakat tani sangat luarbiasa dan juga dukungan oleh Pemerintah Desa setempat. Dengan harapan petani hutan bisa mengatur tanamannya sesuai dengan keadaan topografi,iklim,serta jenis tanaman yang sesuai dengan wilayah setempat.Sehingga bisa mengatur waktu panen,antara tanaman semusim,atau jangka pendek,jangka menengah dan jangkpanjang.Sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat tani hutan di Desa Tugurejo  Kecamatan Slahung khususnya dan masyarakat Kabupaten Ponorogo pada umumnya.

Pendangiran dilakukan untuk memperoleh tanah disekitar tanaman pokok  menjadi gembur agar akar serabut dapat dengen mudah menerobos tanah untuk mencari unsur hara, dengan demikian tanaman akan cepat tumbuh baik dan besar.dari hasil pendangiran,tanah disekitar tanaman pokok di bumbunkah ke tanaman sehingga membentuk gundukan di bagian bawah tanaman.Dengan adanya gundukan itu ,diharapkan penguapan pada tanah sekitar tanaman dapat terkurangi dan bisa menjaga kelembapan tanah.
Demikian terus dilakukan sampai saat ini dan seterusnya sampai tanaman dapat tumbuh dengan baik dan subur,dan bisa berproduksi dengan baik,yang bisa meningkatkan pendapatan petani pelaksana pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI DAN MANFAAT TANAMAN BAMBU

PERHUTANAN SOSIAL

PANEN MADU DARI LEBAH MADU KLANCENG DI KTH ARGA LESTARI DESA SELUR KECAMATAN GRAYUN