KUNJUNGAN KERJA KCDK WIKAYAH PACITAN BERSAMA TEAM KE KTH ARGA LESTARI DESA SELUR KEC. NGRAYUN

 


Kepala CDK Wilayah Pacitan melakukan kunjungan kerja di wilayah kerja penyuluh kehutanan Kec. Ngrayun Kab. Ponorogo. Kunjungan dilaksanakan di Kelompok Tani Hutan (KTH) Arga Lestari Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo .

Dalam kunjungan tersebut Kepala Cabang Dinas Kehutanan Bapak Didik Triswantara,S.Hut.MM, didampingi Kasi RLPM Bapak Sabar Budiono, S Hut, dan Kasi TKUK Bapak Agus Riadi .SP.MSi  beserta Penyuluh Kehutanan yang tergabung dalam Rayon II melihat sejauh mana pengelolaan tiga Aspek Kelola KTH. Yaitu Kelola Kelembagaan, Kelola Kawasan, dan  Kelola Usaha 

Pelaksanaan tiga kelola yang dilaksanakan oleh  KTH Arga Lestari  mendapatkan respon dan mengapresiasi  yang sangat baik  dari Bapak KCDK bersama rombongan.

 Ketua KTH Arga lestari Bapak Mulyono menyampaikan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok yaitu pembuatan hutan rakyat yang berbasis kelestarian dan luas sadapan getah pinus seluas 25 ha, dan pengelolaan Kawasan beliau yang mana mempunyai inovasi kelola usaha sadap getah pinus hutan rakyat yang dijalankan semenjak bulan Januari 2018 beranggotakan 85 penyadap dan mampu memproduksi getah pinus hutan rakyat sebesar 34.330 Kg pada tahun 2023 dengan Nilai Transaksi Ekonomi (NTE) sebesar Rp. 334.196.000,-.

Pada tahun 2019 Kelompok Tani Hutan (KTH) Arga Lestari berhasil memenuhi Sertifikasi Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dan pada tahun 2024 ini bekerjasama dengan PT Kayu Multi Guna Indonesia (KMGI) dalam penjualan kayu hutan rakyat bersertifikat skema Forest Stewarship Council (FSC). Ditahun 2024 juga telah mendapatkan ijin penangkaran rusa untuk kebutuhan rusa pedaging.

Kedepanya KTH Arga Lestari ingin membangun kawawasan yang mencangkup semua aspek pengelo yang lebih baik lagi yang bisa menarik atau mendatangkan teman- teman KTH atau instansi lain yang bisa sebagai tempat untuk bertukar pikiran atau study banding. Fasilitas yang ada di KTH sudah memenuhi kreteriayang dibutuhkan, yaitu sarana dan prasarana praktek,Narasumber berpengalaman Komsumsi dan akomodasi seta bisa disiapkan setifikat bagi peserta.

Materi yang ingin disiapkan antara lain :

Pengelolaan Hutan Rakyat Lestari,

Sadap getah pinus rakyat,

Budidaya kambing PE

Budidaya Trigona sp

Pesemaian Tanaman Kehutanan.

Harapan kedepan Kelompok Tani Hutan (KTH) Arga Lestari mampu menjalankan ketiga kelola yang mampu meningkatkan kelestarian hutan tanah dan air, dan akhirnya mampu meningkatkan pendapatan kelompok dan anggotanya khususnya dan masyarakat desa Selur pada Umumnya.

Salam Lestari!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI DAN MANFAAT TANAMAN BAMBU

VERIFIKASI PENYELESAIAN PENGUASAAN TANAH DALAM RANGKA PENATAAN KAWASAN HUTAN ( PPTPKH ) di KABUPATEN PONOROGO

PANEN MADU DARI LEBAH MADU KLANCENG DI KTH ARGA LESTARI DESA SELUR KECAMATAN GRAYUN