PENGEMBANGAN LEBAH MADU APIS CERENA

Madu hasil budidaya lebah madu apis cerena di KTH Krida Manunggal Lestari Desa Ngiloilo Kec.Slahung Kabupaten Ponorogo.
 Desa Ngiloilo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo merupakan desa yang letaknya dikelilingi oleh perbukitan,dengan sebagian besar lahan kering yang di kelola masyarakat sebagai hutan rakyat. Luas wilayah desa Ngiloilo adalah 594,92 ha.Yang terdiri 56,11ha hutan produksi,210,04ha  merupakan hutan lindung, 62,58 adalah hutan rakyat, dengan latar belakang yang seperti ini Desa Ngiloilo sngat berpotensi sekali untuk pengembangan lebah  madu hutan apis cerena.Dari data yang ada pada KTH Krida Manunggal Lestari pembudidaya atau peternak lebah madu hutan ada 6 orang. diantaranya adalah :

No
Nama
Alamat
Jumlah stup/glodok(buah)
1.
Arifin
Ngiloilo
47
2.
Slamet
Ngiloilo
56
3.
Didik rianto
Ngiloilo
53
4.
Paeran
Ngiloilo
37
5.
Sarengat
Ngiloilo
34
6.
Suyit
Ngiloilo
58

Jumlah

285

Dari masing-masing pembudidaya masih berjalan sendiri sendiri,jadi setiap indifidu membudidayakan dan menjual produksi madunya masih berjalan sendiri.KTH sangat dibutuhkan kontribusinya didalam keadaan seperti ini,KTH sudah mengajak dan mengoordinir semua pembudidaya lebah madu,untuk saling mengisi dan meningkatkan kerja sama dengan KTH.untuk menjalankan aktifitas perlebahan sampai menjual produk madunya melibatkan dan mengatasnamakan KTH. Tapi ini masih sulit dilakukan karena masih terbatasnya kesadaran para pembudidaya dan  permodalan yang ada di KTH. Sampai saat ini pembudidaya masih menjual produsi mandunya di pasaran lokal dan sekitarnya.

Bersama Ketua KTH Krida Manunggal Lestari,melakukan kunjungan ke tempat  salah satu peternak lebah madu apis cerena tepatnya di tempat bapak Arifin.
Apalagi pada musim seperti ini  atau bulan Juli Agustus adalah saat yang paling di tunggu oleh pembudidaya lebah madu hutan apis cerana,yaitu masa panen madu.Dari jumlah setup yang ada peternak sangat terbantu dengan hasil panen yang ada.dari satu stup/glodok dapat menghasilkan sat sampai satu setengah botol marjan, dengan hasil panen seperti ini peternak lebah bisa menjual madunya yaitu 460 ml (satu botol marjan) dengan harga Rp 270.000,-
Pengembangan lebah madu hutan apis cerena di sekitar rumah pak Sarengat anggota KTH Krida Manunggal lestari Desa Ngiloilo Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo.


Salah satu anggota KTH Krida Manunggal Lestari yang  membudidayakan  lebah madu hutan apis cerena memperlihatkan hasil budidayanya yang siap di panen.
Selain para pembudidaya lebah madu hutan,ada juga masyarakat yang berburu madu di hutan. Tempat berburunya dikawasan perbukitan dan hutan,dimana lebah liar bersarang. wilayah perburuannya juga berpindah pindah kadang sampai ke desa-desa sebelahnya.
Madu hutan dijual dengan harga berpariasi,maklum tingkat kesulitan dalam berburu dan jenis madu juga berbeda beda tergantung musim bunga sebagai makanan lebah tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI DAN MANFAAT TANAMAN BAMBU

VERIFIKASI PENYELESAIAN PENGUASAAN TANAH DALAM RANGKA PENATAAN KAWASAN HUTAN ( PPTPKH ) di KABUPATEN PONOROGO

PANEN MADU DARI LEBAH MADU KLANCENG DI KTH ARGA LESTARI DESA SELUR KECAMATAN GRAYUN