TANAMAN PRODUKTIF atau MULTY PURPOSE TREE SPECIES (MPTS)

Tanaman Produktif atau yang biasa disebut tanaman Multy Purpose  Tree Spescies (MPTS)  yaitu tanaman kekayuan yang bersifat multiguna karena bermanfaat dari segi ekologi maupun dari segi ekonomi, serta menghasilkan komoditas kayu dan nonkayu, sehingga petani penanam  bisa memanfaatkan komoditas kayu dari tanaman MPTS yang ditanam tanpa melakukan penebangan pohon untuk di panen kayunya.



Untuk mendapatkan tanaman produktif ini, berawal karena masih banyaknya lahan-lahan milik masyarakat yang masih kosong, yang bisa dimanfaatkan untuk ditanami  tananman produktif. Selain  fungsi utama tanaman tersebut yaitu menjaga konservasi tanah dan air, juga  menjaga kelestarian hayati bisa dimanfaatkan hasil buahnya sebagai hasil produksi yang mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi.,sehingga bisa membantu perekonomian warga dengan memanfaatkan hasil buahnya. tanpa harus menebang kayunya untuk di jual.Sehingga perekonomian masyarakat trus berjalan dengan tetap memelihara kelestarian hutan.

Keinginan masyarakat yang terwakili oleh wadah Kelompok Masyarakat mengajukan permohonan tanaman produktif ini ke Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDSA ) Solo, yang di Kordinir oleh Cabang Dinas Kehutan Wilayah Pacitan Wilayah Kerja Kabupaten Ponorogo.

Dari usulan permohonan bibit produktif (MPTS) dapat terealisasi sebagai berikut:


Semoga dengan bantuan tanaman produktif ini nantinya dapat menambah pendapatan petani dengan tetap menjaga kelestarian hutan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI DAN MANFAAT TANAMAN BAMBU

VERIFIKASI PENYELESAIAN PENGUASAAN TANAH DALAM RANGKA PENATAAN KAWASAN HUTAN ( PPTPKH ) di KABUPATEN PONOROGO

PANEN MADU DARI LEBAH MADU KLANCENG DI KTH ARGA LESTARI DESA SELUR KECAMATAN GRAYUN