PANEN MADU DARI LEBAH MADU KLANCENG DI KTH ARGA LESTARI DESA SELUR KECAMATAN GRAYUN

 


Kelompok Tani Hutan  merupakn salah satu sasaran utama pembinaan Penyuluh Kehutanan  yang harus dilakukan. Pembinaan kelompok yang dilakukan dalam semata -matu untuk menuju kelompok yang mandiri.Untuk mencapai tujuan kelompok yang mandiri, harus melalui tingkatan atau klas kelompok. Klas kelompok mulai dari  kelompok pemula., trus Madya, dan utama dan mandiri.
Kelompok Tani Pemula  diawali dari pembentukan kelompok dan menata aspek kelembagaanya. Asspek kelembagaan ini sangat penting karena menjadi dasar kuatnya kelompok .Struktur organisasi kelompok harus dipilih orang orang yang benar-benar kopeten dibidangnya. Ketua, sekretaris, bendahara dan seksi seksi  harus orang- orang yang menguasai dibidangnya.
Kelompok Tani Madya adalah kelompok yang secara aspek kelembagaan sudah berjalan baik, dan mempunyai aspek usaha kelompok sudah berjalan . Aspek usaha ini harus di sesuaikan dengan kondisi wilayah setempat, dan prospek usaha kedepan.Kondisi wilayah atau keadaan lingkungan sangat mendukung yaitu anggota KTH tersebut berusaha atau bercocok tanam atau komoditas yang diusahakan. Suatu contoh untuk KTH Arga Lestari bergerak atau usaha bercocok tanam, atau komoditas yang diusahakan mayuritas adalah pengembangan pinus rakyat, dan agroforestri serta peengembangan pakan ternak, dan yang lagi di usahakan saat ini adalah pengembangan lebah madu klanceng.
Pengembangan lebah madu klanceng ini diusahakan hampir disetiap pengurus kelompok.pengembangan lebah klanceng ini dipilih sebagai salah satu usaha kelompok, karena dipandang mudah dalam perawatan seta budidayanya, seta melimpahnya persediaan pakan.salah satu unsur yang sangat menentukan keberhasilan usaha lebah klanceng adalah persediaan pakan.Persediaan pakan yang melimpah dan berbagai jenis pakan akan memudahkan atau membuat lebah tersebut akan krasan  atau betah tinggal di stupnya, sebaliknya bila pakan lebeh tersebut kurang, niscaya lebah akan segera atau cepet pergi mencari pakan yang ada di lain tempat.


Pemanenan Lebah Madu berupa madu  di KTH Arga Lestari dilakukan pada saat stup dalam keadaan sudah terisi madu, pengambilan madu tidak harus di habiskan waktu pemanenan tersebut, agar lebh tidak stres.  Musim bunga.adalah musim yang tepet untuk memanen lebah madu tersebut.karena  pada waktu musim bunga akn berpengaruh pada rasa dan jumlah madu yang di hasilkan.





Keadaan stup lebah madu klanceng  di KTH Arga Lestari cukup banyak, hampir mencapai seratus stup. sehingga  untuk pemanenannya bisa dilakukan secara bergantian, sesuai permintaan pembeli dan persedian stup yang sudah siap di panen.  Bila musim  panen raya stok madu klanceng  bisa melimpah dan  di stok di sekretariat KTH.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

POTENSI DAN MANFAAT TANAMAN BAMBU

DUSUN PUTUK DESA SELUR KECAMATAN NGRAYUN MENERIMA PENGHARGAAN SERTIFIKAT PROKLIM UTAMA TAHUN 2023

PERHUTANAN SOSIAL